Wednesday 7 May 2014

Cara Mengganti Keypad Classic (XT9) pada Layar Android

CARA MENGGANTI KEYPAD KLASIK (XT9) PADA LAYAR ANDROID

          Dari judul Postingan di atas mungkin di antara sobat ada yang belum mengerti apa maksud dari judul post di atas itu, Nah di  sini saya akan sedikit menjelaskan tentang format XT9 .
Format XT9 itu adalah format keypad klasik yang ada pada Handphone model lama atau bahasa kerennya HP Jadul...he..he...Kalau Handphone zaman sekarang umumnya sudah menggunakan keypad qwerty (satu tombol satu huruf), sedangkan Handphone jadul keypadnya satu tombol tiga huruf.
Saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya, begini ceritanya...he...he...he... kaya dongeng aja...
pada tanggal 9 April 2014 kemarin pas berlangsungnya Pemilu Legislatif, ceritanya bokap (bapak) saya minta data siapa caleg yang menang di TPS tempat saya mencoblos, selanjutnya mulailah saya mengetik sms untuk di kirim ke HP bokap saya tadi, perlu diketahui bahwa saya memakai HP layar sentuh (touchscreen). Nah di sinilah muncul masalah.... ketika sedang menulis sms tiba-tiba keypad di layar HP saya berubah menjadi keypad klasik XT9, seperti gambar ini:




Saya benar-benar bingung dibuatnya, padahal saya tidak menekan tombol apa-apa ko' bisa berubah sendiri... aduh benar-benar pusing saya saat itu, udah saya otak atik HP tapi tetap tidak berubah keypadnya. ya sudah akhirnya hari itu saya tetap mengetik sms dengan keypad klasik tersebut dan segera mengirimkannya ke HP Bokap saya. 
Siang pun berlalu dan berganti malam, saya masih tetap penasaran dengan HP saya itu, dngan terus mengotak-atik semua pengaturan di Hp tapi masih belum ketemu juga solusinya... saya coba browsing di internet dengan menulis kata kunci "cara mengganti keypad klasik (XT9) pada layar android", tapi tidak ada satu pun yang sesuai dengan kata kunci yang saya ketik itu.
Singkat cerita akhirnya ketemu juga solusinya, ternyata sangat mudah dan saya pun jadi senyum-senyum sendiri karena begitu mudahnya mengembalikan keypad yang berubah tadi seperti keadaan semula, dalam hati saya berucap Alhamdulillah.... jadi tambah ilmu.

So, bagi sobat yang pernah mengalami hal seperti saya, ternyata solusinya sangat mudah, yaitu:
Letakkan jari telunjuk sobat pada keypad sebelah kanan yaitu pada huruf "?" atau "Del" lalu geser jari telunjuk ke arah kiri dengan cepat, lihat gambar ini:


                      Maka keypad pun otomatis kembali ke keadaan semula.... sangat mudahkan.....

Sedikit cerita lagi, pada saat saya di tempat kerja ada teman saya mengalami hal seperti saya yaitu keypadnya berubah menjadi keypad klasik XT9 padahal dia bilang tidak pencet apa-apa, dia datang pada saya dan mengatakan "HP gua kenapa nih ya ko' tombol ketiknya jadi begini ribet kalo mau ketik sms", melihat kenyataan itu akhirnya saya cuma senyum, dalam hati saya bilang ternyata ada juga yang mengalami hal ini, terus HP teman saya saya pinjam dan.... sim salabim... sekali sentuh langsung berubah keypadnya kembali seperti semula. Teman saya sempat kaget, kata dia "lah cepat banget sekali pegang langsung berubah", akhirnya saya kasih tau ke dia kalo megalami hal kaya gini lagi geser aja jari loe ke arah kiri dengan cepat. "ternyata mudah banget ya" kata dia lagi sambil senyum-senyum.

Akhir kata, demikianlah Postingan saya kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment